Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengapa Anda Wajib Menggunakan Jasa Perekrutan Eksekutif? Karena Perusahaan Eksekutif Rekruter Yang Baik Dapat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda


Peran executive recruiting companies di Indonesia sebenarnya sangat penting. Tugas mereka adalah membantu mengidentifikasi bisnis, terhubung dengan, mewawancarai, dan pada akhirnya merekrut kandidat senior terbaik dari yang terbaik.

Pada level senior semua orang ingin merekrut yang terbaik dari yang terbaik, bukan?

Senior Talent biasanya memegang tanggung jawab kepemimpinan yang besar dan memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis. Memiliki bakat kepemimpinan yang hebat memungkinkan sebuah bisnis untuk sejahtera dan berkembang, sedangkan kepemimpinan yang lemah akan menyebabkan stagnasi atau penurunan.

Setiap CEO, pemilik bisnis, atau Direktur SDM mengetahui hal ini.

Itu sebabnya kami merasa kurang mengerti mengapa banyak perusahaan “memilih yang murah pada tahun 2024” ketika mempertimbangkan kebutuhan rekrutmen eksekutif mereka. Semua orang mengakui bahwa Talenta Senior yang Hebat adalah Kunci Kesuksesan Bisnis.

Namun hal ini terlihat jelas dari tinjauan platform periklanan lowongan kerja online, dan melihat banyaknya iklan lowongan kerja senior, sehingga banyak perusahaan pada tahun 2024 ingin memangkas biaya terkait perekrutan eksekutif mereka.

Jadi, alih-alih membayar biaya layanan executive recruiting yang dapat diterima dan merekrut orang-orang terbaik yang akan membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya, banyak perusahaan memilih untuk membayar harga rendah untuk pemasangan iklan kerja online.

Menurut pendapat kami, iklan lowongan kerja online kurang efektif dalam menjangkau kandidat senior terbaik karena hanya pencari kerja aktif yang akan melihat iklan kerja online. Bagaimana dengan profesional berkualitas tinggi yang mempunyai pekerjaan dan tidak aktif mencari pekerjaan baru?

Kami percaya bahwa jika sebuah perusahaan ingin mempekerjakan individu senior,atau seseorang yang akan membuat perbedaan, maka perusahaan tersebut perlu menggunakan executive recruitment service dari executive recruiting companies yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan akses terhadap kandidat terbaik.

Dan ketika memilih executive recruitment service, Anda harus memilih perusahaan perekrutan eksekutif – nama lain adalah bisnis “executive search” - dengan reputasi yang baik, database dan jaringan kandidat yang besar dan komprehensif, rekam jejak kesuksesan yang terbukti, perusahaan yang benar-benar berupaya memberikan kliennya dengan kandidat terbaik dan membantu keberhasilan kliennya.

Yang terpenting, Anda memerlukan Executive Recruiting Companies yang benar-benar dapat menghasilkan kandidat senior terbaik, memastikan optimalisasi proses perekrutan tingkat senior, dan menyelesaikan perekrutan eksekutif dengan hasil terbaik - berdasarkan kondisi pasar dan anggaran gaji Anda.

Executive Recruiting Companies dapat Membantu Anda Mengatasi Tantangan Besar SDM Saat Ini


Pada tahun 2024, perusahaan di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam merekrut talenta senior. Tantangan-tantangan ini perlu diatasi secara efektif untuk memastikan keberhasilan bisnis.

Salah satu masalah terbesarnya adalah meningkatnya persaingan untuk mendapatkan talenta terbaik, orang-orang yang membuat perbedaan.

Tanpa memiliki talenta kepemimpinan senior yang tepat, jika segala sesuatunya ditangani secara santai dan jika strateginya lemah, maka perusahaan tidak akan bisa unggul.

Menurut kami, ada beberapa tantangan besar yang dihadapi dunia usaha di Indonesia pada tahun 2024 terkait perekrutan senior adalah:

1. Keinginan untuk Meminimalkan Biaya Rekrutmen Eksekutif dengan Menggunakan Iklan Pekerjaan Online untuk Menemukan Talenta Senior yang Penting

Setiap perusahaan ingin mengurangi biaya dan memaksimalkan keuntungan. Ini dapat dimengerti. Dan banyak perusahaan saat ini ingin menggunakan iklan lowongan kerja online untuk memangkas biaya rekrutmen eksekutif di tingkat senior. Saat Anda mengunjungi platform pekerjaan online seperti LinkedIn, Indeed, atau JobStreet, Anda akan melihat banyak posisi senior yang terdaftar.

Permasalahan dengan menggunakan iklan kerja online untuk posisi senior adalah Anda membatasi lowongan pekerjaan eksekutif Anda hanya untuk pencari kerja aktif, orang-orang yang menghabiskan waktu online untuk mencari pekerjaan baru. Sedangkan untuk posisi kepemimpinan kritis, biasanya orang-orang senior yang ingin direkrut oleh suatu perusahaan sudah bekerja dan fokus pada pekerjaannya. Mereka tidak melihat iklan pekerjaan online. Jadi lowongan pekerjaan eksekutif Anda tidak dilihat oleh sebagian besar orang yang berpotensi Anda pekerjakan.

Masalah lainnya dengan iklan pekerjaan online siapa pun dapat melamar lowongan pekerjaan senior dan email Anda akan diisi dengan ratusan, bahkan ribuan, lamaran pencari kerja yang tidak relevan. Tidak adanya fokus atau penargetan kandidat saat Anda mempublikasikan lowongan kerja online. Anda dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk meninjau CV yang tidak relevan, menunggu dan berharap menemukan kandidat yang layak, melakukan banyak wawancara dengan orang yang tidak tepat.

Di tingkat senior, ketika sebuah perusahaan memiliki kebutuhan dan persyaratan yang sangat spesifik, iklan pekerjaan online dapat menyebabkan banyak waktu terbuang percuma dan Anda akan sering kesulitan menemukan kandidat berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan recruitment service dari perusahaan rekrutmen eksekutif yang baik, salah satu yang paling terkenal di Jakarta adalah ProCapita Headhunter Indonesia, Anda segera mengatasi hal tersebut.

Executive recruiting companies memiliki jaringan kandidat senior yang sangat besar dan komprehensif. Dari situs ProCapita kita dapat melihat jaringan kandidat eksekutif mereka saat ini berjumlah lebih dari 450.000 profesional. Mereka tidak pernah menggunakan iklan kerja online - sebaliknya mereka secara langsung dan cepat mendekati semua kandidat terbaik untuk lowongan kerja senior klien. Artinya, Anda akan dengan cepat menerima CV kandidat senior terbaik, tertarik dan paling relevan.

2. Permintaan Talenta Senior Terbaik Semakin Meningkat

Seiring dengan berkembangnya perekonomian Indonesia, setiap minggu bisnis asing baru memasuki pasar Indonesia. Hal ini merupakan hal yang baik bagi perekonomian Indonesia namun hal ini berarti persaingan semakin ketat untuk mencari dan merekrut talenta terbaik.

Persaingan juga semakin meningkat karena kemajuan teknologi yang memudahkan perusahaan untuk beroperasi di berbagai negara tanpa harus memiliki kehadiran fisik di suatu negara.

Meningkatnya "persaingan" secara umum memberikan tekanan pada Supply versus Demand Talenta senior terbaik di Indonesia. Pada akhirnya, untuk banyak posisi senior yang penting, kini terdapat persaingan yang semakin ketat untuk mempekerjakan individu-individu berkualitas tinggi. Karena begitu banyak perusahaan yang mengejar talenta kepemimpinan yang sama, dalam banyak hal kandidat senior inilah yang memegang kekuasaan.   

Artinya, persaingan untuk menjaring talenta-talenta senior terbaik semakin ketat. Perusahaan tidak hanya bersaing dengan kompetitor lokal, tetapi juga harus mampu bersaing dengan perusahaan internasional baru yang masuk ke Indonesia setiap minggunya atau bahkan bisnis online, yang tidak memiliki kantor di Indonesia tetapi menginginkan perwakilan lokal senior untuk networking dan branding.

3. Tim HR Memiliki Sumber Daya Internal yang Terbatas dan Banyak Hal penting lain yang Harus Dilakukan

Seorang Direktur SDM atau Kepala Tim SDM memiliki pekerjaan yang sulit - mereka biasanya sangat sibuk, memiliki waktu terbatas, sumber daya terbatas, terlalu banyak hal yang harus dilakukan untuk memastikan efisiensi dan kolaborasi unit bisnis, dan seringkali banyak anggota tim mereka masih muda dan belum berpengalaman.

Hal ini dapat menjadi hambatan besar bagi proses rekrutmen eksekutif yang efisien dan efektif, terutama untuk posisi tingkat senior, dimana kandidat eksekutif memiliki ekspektasi yang sangat tinggi.

4. Dinamika Pasar Kerja yang Berubah Cepat

Perkembangan teknologi dan perubahan dalam kebutuhan keterampilan dan kompetensi memicu perubahan yang cepat dalam pasar kerja. Perusahaan harus dapat beradaptasi dengan cepat dan menemukan kandidat yang mampu memenuhi kebutuhan pasar yang berubah.

Dalam menghadapi semua tantangan ini, perusahaan perlu mengembangkan strategi perekrutan senior yang efektif.

Menggunakan executive recruitment service dari perusahaan terpercaya seperti ProCapita Headhunter Indonesia dapat membantu menjawab semua tantangan tadi. Hal ini memungkinkan suatu perusahaan untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompleks dan dinamis.

Manfaat Menggunakan Executive Recruitment Service

Meningkatkan daya saing bisnis dengan merekrut talenta senior terbaik menjadi keuntungan utama menggunakan jasa executive recruiting companies terkemuka seperti ProCapita Headhunter Indonesia.

Manfaat lain yang ditawarkan adalah:

  • Akses instan dan langsung ke jaringan kandidat senior yang sangat besar dan komprehensif, untuk sektor industri Anda, di seluruh Indonesia.
  • Pengetahuan pasar yang mendalam, keahlian dan bimbingan praktik terbaik rekrutmen eksekutif.
  • Keahlian dalam proses rekrutmen eksekutif, berdasarkan metodologi dan alat penilaian khusus untuk memastikan bahwa kandidat yang direkomendasikan memiliki kualifikasi yang sesuai.
  • Hemat waktu dan biaya, sehingga orang-orang Anda dapat fokus dalam menjalankan usaha.
  • Dukungan pasca rekrutmen misalnya dalam proses onboarding dan integrasi kandidat agar dapat beradaptasi dengan budaya dan lingkungan kerja perusahaan.


Karakteristik Perusahaan Rekrutmen Eksekutif yang Terpercaya

Dalam mencari executive recruiting company terpercaya di Indonesia, perhatikan beberapa karakteristik yang harus mereka miliki yaitu:

  • Rekam jejak kesuksesan yang positif, seperti ProCapita Headhunter Indonesia yang telah sukses menempatkan lebih dari 1.000 kandidat eksekutif pada posisi senior yang penting.
  • Pastikan perusahaan tersebut adalah perusahaan rekrutmen eksekutif yang "otentik dan nyata" - karena banyak recruiting companies yang menyebut diri mereka "perekrut eksekutif" padahal sebenarnya mereka hanyalah perusahaan perekrutan "biasa". Perusahaan rekrutmen eksekutif yang otentik dan nyata tidak  menggunakan iklan lowongan kerja online, karena perusahaan rekrutmen eksekutif yang sebenarnya sudah memiliki database yang sangat besar dan mereka menggunakan pendekatan langsung yang ditargetkan secara manual untuk menemukan, menarik, dan mengamankan talenta senior terbaik.
  • Perusahaan tersebut harus sudah mapan, merupakan perusahaan PT yang terdaftar secara sah dan mematuhi seluruh peraturan di Indonesia.
  • Mereka harus mempekerjakan perekrut eksekutif senior yang sangat profesional dan ahli dalam perekrutan tingkat kepemimpinan. Tentu saja Anda tidak boleh menggunakan perekrut junior untuk mendekati eksekutif bisnis tingkat atas.
  • Berapa tarif yang mereka kenakan? Dari penelitian kami, biaya tipikal untuk executive recruiting company tradisional yang "asli" adalah 22-25% dari total kompensasi tunai kandidat yang direkrut pada tahun pertama mereka bekerja. Namun jika sebuah perusahaan mengenakan tarif yang rendah, seperti 15% atau 10%, tidak ada keraguan bahwa mereka menggunakan iklan lowongan kerja online publik dan mempekerjakan staf perekrutan junior - mereka sebenarnya hanyalah agen perekrutan “biasa” yang dirancang untuk merekrut staf junior dan menengah. Mereka mengenakan biaya lebih sedikit karena cara kerjanya jauh lebih sederhana dan fokus pada kandidat pencari kerja yang aktif.


Penutup

Memanfaatkan jasa executive recruiting company terpercaya adalah langkah yang cerdas bagi semua bisnis yang ingin meningkatkan daya saingnya dan prospek pertumbuhan.  Lagi pula, tanpa talenta kepemimpinan terbaik, bagaimana Anda bisa menjadi yang terbaik?

Dengan memberikan akses langsung ke jaringan kandidat senior yang luas dan komprehensif, keahlian dalam proses rekrutmen eksekutif, efisiensi waktu dan biaya, serta dukungan pasca rekrutmen, executive recruiting companies dapat menjadi mitra strategis dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Anda perlu mempertimbangkan karakteristik perusahaan termasuk reputasinya , ulasan klien, apakah mereka benar-benar bisnis perekrutan eksekutif yang otentik, Keahlian tim mereka, dan kepatuhan mereka terhadap peraturan pemerintah, ketika memilih executive recruiting business yang tepat untuk kebutuhan Anda. Hal ini akan membantu Anda memastikan perekrutan talenta terbaik yang akan membantu bisnis Anda tetap relevan dan sukses di pasar yang semakin dinamis.

Seperti disebutkan, dari penelitian kami, ProCapita Headhunter Indonesia tampil sebagai perusahaan rekrutmen eksekutif yang sangat direkomendasikan di Jakarta.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengapa Anda Wajib Menggunakan Jasa Perekrutan Eksekutif? Karena Perusahaan Eksekutif Rekruter Yang Baik Dapat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News