Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Begini Cara Mendapatkan Premi Asuransi Jiwa Murah Yang Kualitasnya Bagus


Kesadaran akan pentingnya asuransi pasti akan timbul seiring dengan bertambahnya usia dan tanggung jawab yang dimiliki. Apalagi semakin tua sebenarnya kebutuhan akan asuransi juga menjadi semakin besar dibandingkan dengan sebelumnya. Jika dulu cukup hanya dengan mengandalkan proteksi lewat asuransi kesehatan, maka sekarang Anda juga butuh diproteksi dengan asuransi jiwa, apalagi yang memiliki peran sebagai tulang punggung keluarga atau pencari nafkah. Namun sayangnya harga premi asuransi jiwa yang membuat masih banyak orang menunda untuk membeli produk asuransi tersebut.

Apa Itu Premi Asuransi?

Istilah premi asuransi tentunya sudah sering Anda dengar, apalagi pada dasarnya hal ini tentu tidak akan bisa terlepas dari yang namanya asuransi. Premi ini adalah sejumlah uang yang menjadi kewajiban nasabah asuransi untuk dibayarkan kepada perusahaan asuransi, tempat Anda membeli. tentunya sesuai dengan kesepakatan di awal, dimana nilainya sendiri juga terbilang bervariatif, mulai dari jumlah paling murah yaitu puluhan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah.

Nah bagaimana jika seandainya kewajiban atas premi ini tidak dibayarkan oleh nasabah asuransi? Maka nantinya polis asuransi Anda akan dinonaktifkan oleh perusahaan. Secara otomatis ketika polis asuransi dalam kondisi yang tidak aktif atau istilah lainnya adalah lapse, maka akan membuat manfaat asuransi yang dijanjikan oleh perusahaan tidak bisa dirasakan, karena Anda sebagai nasabah juga tidak memenuhi kewajiban tersebut.

Cara Mendapatkan Premi Murah

Faktanya tidak semua premi asuransi jiwa mahal, banyak juga alternatif yang dapat Anda gunakan untuk bisa mendapatkan premi harga murah, namun pastinya juga bukan murahan, diantaranya adalah:

1. Usahakan untuk membeli asuransi jiwa sejak masih muda, dimana faktanya usia juga menjadi salah satu tolak ukur yang digunakan oleh perusahaan asuransi untuk membebankan premi kepada nasabahnya, ketika Anda membeli pada saat usia masih muda, maka nantinya akan mendapatkan premi yang lebih terjangkau, dibandingkan dengan pembelian asuransi saat usia sudah tua.

2. Pilih asuransi jiwa murni, produk asuransi jiwa sendiri hadir dalam berbagai jenis, mulai dari yang murni, asuransi jiwa tabungan sampai dengan produk asuransi jiwa investasi. Selain manfaat yang diberikan, maka perbedaan cukup mendasar juga dapat dilihat dari segi harga preminya. Jika Anda menginginkan yang preminya terjangkau, namun masih tetap dapat mengcover manfaat utama, yaitu sebagai proteksi. Maka lebih disarankan untuk membeli jenis asuransi jiwa murni saja, dibandingkan dengan asuransi jiwa yang disertai dengan manfaat tambahan lainnya.

3. Pilih asuransi jiwa berjangka, jangan salah karena jangka waktu proteksi atau perlindungan juga memiliki peran terhadap harga premi asuransi tersebut, dimana semakin panjang jangka waktu perlindungannya, seperti diantaranya adalah seumur hidup, maka otomatis harga preminya juga kian mahal. Anda beban mengatur jangka waktu proteksi dengan menggunakan produk asuransi jiwa berjangka, dimana nantinya harga premi juga menjadi lebih terjangkau.

4. Selektif dalam memilih nilai manfaat pertanggungjawaban, hal lain yang sering kali diabaikan adalah, seseorang yang menginginkan manfaat proteksi besar, namun keberatan dengan harga premi yang dibebankan oleh perusahaan asuransi. Padahal sebenarnya nilai manfaat ini akan sebanding dengan premi yang dibayarkan. Dimana ketika nilai manfaat asuransi yang Anda harapkan besar atau tinggi, nantinya secara otomatis premi yang harus dibayarkan juga relatif besar.

5. Selektif dalam menambahkan riders, dalam produk asuransi jiwa ini sendiri terkadang Anda juga akan mendapatkan penawaran riders atau yang dikenal sebagai manfaat tambahan, memang tampak menguntungkan. Namun juga harus dipahami, bahwa ketika Anda menambahkan riders, maka secara otomatis nantinya premi yang harus ditanggung atau dibayarkan juga menjadi lebih mahal, dibandingkan tanpa riders. Tak masalah jika ingin menambahkan, namun harus selektif dimana tidak semuanya harus dibebankan.

Itulah diantaranya beberapa cara yang bisa Anda coba jika ingin mendapatkan premi asuransi jiwa murah atau terjangkau, namun tidak murahan. Bisa pertimbangkan menggunakan produk asuransi jiwa dari I Love Life, layanan berbasis digital dengan harga preminya mulai dari 12 ribu rupiah saja perbulan, tentunya pas untuk anak muda yang incomenya juga masih terbatas.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mendapatkan Premi Asuransi Jiwa Murah Yang Kualitasnya Bagus"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News