Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cara Bertransaksi Lewat Mesin EDC Berbasis Cashless


Faktanya rata-rata anak muda zaman sekarang malas membawa uang secara tunai dan lebih memilih melakukan transaksi secara cashless untuk berbagai macam kebutuhannya, mulai diantaranya adalah dalam hal melakukan pembayaran saat berbelanja, bayar tagihan dan sebagainya. Praktis karena cukup mengandalkan kartu debit atau kartu kredit yang dimiliki, sudah dapat digesekkan kepada mesin EDC.

Apa Itu Mesin EDC?

Keberadaan dari mesin EDC ini sendiri tentunya sudah tidak asing bagi Anda bukan, sebuah alat kecil yang sering kali tersedia di kasir-kasir untuk melakukan transaksi pembayaran, banyak diantara bank penerbitnya, sehingga tidak hanya ada satu layanan, melainkan hampir semua bank mengeluarkan produk tersebut guna menunjang kemudahan dalam melakukan transaksi. EDC merupakan singkatan dari electronic data capture, yaitu sebuah sarana yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Melalui mesin EDC ini maka nantinya konsumen bisa dengan mudah melakukan pembayaran lewat berbagai sarana, seperti diantaranya adalah menggunakan kartu debit, serta pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit juga bisa. Tidak hanya dilakukan secara tunai, melainkan juga bisa dilakukan dengan cara kredit atau lewat sebuah program cicilan, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Cara Memakai Mesin EDC Untuk Transaksi Yang Aman

Bagi yang masih awam mungkin bingung bagaimana caranya untuk bertransaksi dengan menggunakan mesin EDC ini, padahal sebenarnya mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah atau panduan berikut, yaitu:

1. Kunjungi toko terdekat dan pastikan toko tersebut menyediakan layanan pembayaran berbasis cashless. Lebih baik juga jika seandainya mesin EDC yang digunakan tersebut sama seperti bank Anda, sehingga nantinya tidak akan dikenai dengan biaya tambahan. Nantinya Anda tinggal mengutarakan ingin melakukan pembayaran secara kredit atau debit, maka kasir akan mengarahkan untuk layanan pembayaran cashless.

2. Serahkan kartu kredit tersebut kepada pihak kasir, pastikan bahwa pandangan Anda tidak terlepas dari kartu tersebut, karena bagaimanapun juga resikonya tinggi apalagi dalam kondisi kasir yang banyak pengunjung, bisa saja nantinya kartu Anda hilang atau sebagainya. Pastikan ketika Anda menyerahkan kartu juga melihat berapa nominal tagihan yang diberikan, sehingga tidak ada resiko salah input data. Karena tak jarang kecurangan dilakukan oleh oknum kasir pada bagian ini, apalagi untuk customer yang kurang jeli atau berhati-hati dalam bertransaksi.

3. Input PIN sesuai dengan permintaan kasir, saat melakukan input PIN ini pastikan juga berhati-hati atau tidak sembarangan. Mengingat bagaimanapun juga bisa saja data Anda nantinya data Anda tersebut akan disalahgunakan. Sehingga paling aman sebenarnya adalah dengan menutupi, sehingga tidak ada orang yang tahu. Jaga kerahasiaan PIN Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sejalan dengan hal tersebut pastikan untuk rutin mengganti PIN yang digunakan dalam bertransaksi, sehingga lebih aman.

4. Tunggu sampai proses transaksi selesai, membutuhkan waktu selama beberapa detik nantinya transaksi Anda diproses, karena bank sendiri juga harus memastikan bahwa saldo yang ada di dalam rekening Anda mencukupi digunakan untuk melakukan pembayaran dan transaksi tersebut. Jika permintaan diterima atau berhasil maka selanjutnya Anda akan mendapatkan struck dari kasir sebagai bukti transaksi telah selesai.

5. Ambil kembali kartu debit atau kartu kredit Anda dan simpan, pastikan untuk tidak sampai lupa dalam membawa kembali kartu yang digunakan dalam transaksi atau pembayaran tersebut, simpan ke dalam dompet atau ke tempat yang aman, jangan sampai ketinggalan.

6. Cek kembali struk bukti belanja, selanjutnya untuk memastikan bahwa transaksi Anda selesai, maka cek juga struk bukti belanja tersebut, lihat apakah nominal yang ditarik memang sesuai dengan harga barang belanjaan Anda ataukah tidak.

Bagi pemilik bisnis, bergabung sebagai merchant ini akan memungkinkan untuk meraih lebih banyak konsumen, jadi jangan ragu untuk daftar menjadi merchant BCA, banyak keuntungan yang bisa didapatkan, termasuk diantaranya adalah membantu dalam mengamankan transaksi dalam bisnis Anda. Sebagai merchant nantinya Anda bisa menikmati fasilitas seperti halnya mesin EDC. Ajukan permintaan untuk sewa mesin EDC ini mudah yaitu melalui aplikasi dari Merchant BCA, pastikan download sekarang juga.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Bertransaksi Lewat Mesin EDC Berbasis Cashless"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News