Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Untuk Klaim Allianz Jiwa Saat Tertanggung Meninggal

Setiap orang pasti akan dihadapkan pada kematian, namun tidak ada yang tahu kapan waktunya. Bagi para orang tua yang sayang pada keluarganya sudah mulai mempersiapkan bekal sebaik-baiknya sebelum nantinya ajal menjemput. Diantaranya adalah dengan menggunakan atau membeli produk asuransi jiwa Allianz untuk keluarga, suatu saat ketika ajal sudah datang menjemput, maka keluarga jadi lebih tenang karena bisa ajukan klaim Allianz untuk mendapatkan sejumlah uang pertanggungjawaban.

Keuntungan Punya Asuransi Jiwa

Banyak orang yang masih abai untuk membeli asuransi jiwa, padahal jika dilihat maut datang menjemput tanpa bisa diprediksi, bisa saja besok Anda dihadapkan pada kematian. Jika merasa dari segi keuangan sudah cukup, tidak ada salahnya untuk mulai membeli asuransi, mengingat semakin muda usia saat beli asuransi, harga premi yang didapatkan juga jadi jauh lebih murah atau terjangkau, sehingga tidak akan terasa membebani.


Bahkan dengan adanya proteksi dari asuransi jiwa ini sendiri, sebenarnya begitu banyak keuntungan yang dapat dirasakan, diantaranya adalah:

1. Hidup jadi lebih tenang, keberadaan asuransi dalam hidup akan membuat Anda merasa lebih tenang. Hal ini dikarenakan tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai masa depan, jika seandainya kematian datang, setidaknya keluarga sudah mendapatkan proteksi yang tepat.

2. Keuangan terkelola lebih aman, asuransi ini pilihan yang bagus bagi Anda kalangan dengan gaya hidup boros atau konsumtif, karena dibandingkan menggunakan uang untuk sesuatu yang sifatnya kurang penting, maka lebih baik dimasukkan kedalam asuransi saja, paling tidak manfaatnya bisa dirasakan pada masa depan. Sehingga financial juga jadi lebih sehat.

3. Menjamin masa depan keluarga, apapun yang terjadi, termasuk ketika kematian datang menjemput seorang pencari nafkah. Maka anggota keluarga yang lainnya akan merasa lebih aman, dimana mulai dari biaya kebutuhan hidup bisa dicover oleh asuransi, uang asuransi juga bisa digunakan untuk membiayai pendidikan anak serta berbagai macam kebutuhan yang lainnya.

4. Keluarga menjadi bahagia, ketika kondisi keuangan terkelola dengan baik, financial sehat serta yang tidak kalah penting adalah masa depan yang juga sudah terjamin, tentunya memberikan rasa bahagia dalam hidup.

Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Klaim Asuransi Jiwa

Jika seandainya nasabah atau tertanggung meninggal dunia, maka berikut ini sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan oleh ahli waris untuk mengajukan klaim Allianz tersebut, yaitu:

1. Polis asuransi, polis ini punya peranan yang penting dalam sebuah asuransi, karena berisi perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu perusahaan asuransi dengan tertanggung atau nasabah. Klaim hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan polis asuransi ini, namun pastikan bahwa kondisi polis masih aktif, polis akan tetap aktif ketika tertanggung membayarkan kewajiban atas premi.

2. Formulir klaim, jangan lupa untuk melakukan pengisian formulir dalam pengajuan klaim, keberadaan dari form klaim ini sendiri bisa Anda dapatkan secara mudah, diantaranya adalah melalui website resmi Allianz maupun juga lewat agen tempat pembelian asuransi tersebut. Formulir yang sudah didapatkan tersebut nantinya harus diisi secara lengkap, pastikan bahwa data yang dimasukkan tersebut sesuai dengan polis asuransi, sehingga nantinya tidak terindikasi kecurangan.

3. Dokumen penunjang lain, dalam hal ini masih ada beberapa jenis dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk klaim, mulai diantaranya adalah data diri, surat keterangan kematian, BAP jika penyebab kematian adalah kecelakaan lalu lintas, rekening penerima manfaat atau pencairan asuransi serta beberapa dokumen penyerta yang lainnya. Hal ini akan berbeda-beda tergantung dari penyebab kematian dari tertanggung. Namun pada dasarnya selama kematian wajar dan tidak disebabkan oleh hal-hal yang masuk poin pengecualian, maka nantinya klaim akan sah-sah saja atau diterima oleh pihak asuransi.

Semua dokumen yang sudah dikumpulkan tersebut nantinya dapat dikirimkan ke kantor utama Allianz, bisa juga dengan prosedur klaim Allianz online, yaitu lewat website resmi dari perusahaan, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jangan sampai menyesal karena menunda untuk beli asuransi, mengingat pada dasarnya resiko hidup banyak serta semakin ditunda, maka harga premi asuransi juga akan bertambah jauh lebih mahal dibandingkan dengan sebelumnya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Untuk Klaim Allianz Jiwa Saat Tertanggung Meninggal"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News