Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Jangan Asal Pilih Aplikasi Laporan Keuangan UMKM, Tidak Semuanya Aman!


Bisnis di era digital seperti sekarang ini dimanjakan dengan banyaknya program aplikasi yang bisa dipakai untuk membantu pengelolaan keuangan, seperti diantaranya adalah dengan aplikasi laporan keuangan UMKM. Mengelola pembukuan bisnis secara tepat ada dasarnya adalah hal yang penting dilakukan, karena berhubungan secara vital dengan kelangsungan usaha Anda tersebut, apakah nantinya mampu bertahan menghadapi persaingan yang ada ataukah tidak, hal ini sangat bergantung dari pembukuannya.

Memilih Aplikasi Laporan Keuangan Yang Tepat

Sejalan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya adalah pelaku bisnis yang begitu tinggi akan keberadaan dari program aplikasi untuk pembukuan ini. Maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya ada banyak developer yang mulai mengeluarkan atau menawarkan aplikasi tersebut, namun juga penting untuk diketahui bahwa tidak semuanya menjamin keamanan. Banyak beredar aplikasi-aplikasi ilegal atau tidak berizin yang justru berpotensi untuk mencuri data Anda hingga scam.

Ketahui berikut ini diantaranya cara dalam memilih aplikasi laporan keuangan yang tepat untuk bisnis, yaitu:

1. Pastikan aplikasi yang sudah berizin resmi, diantaranya adalah telah memilih nomor izin yang berasal dari Kominfo, artinya memang sudah memenuhi standard keamanan yang ada. Cirinya sendiri mudah karena biasanya aplikasi yang telah berizin ini sudah bisa dijumpai dalam toko aplikasi resmi sebuah perangkat, sebut saja diantaranya adalah Google Playstore untuk pengguna Android maupun juga Appstore bagi pengguna iOS.

2. Pertimbangan biaya layanan pemakaiannya, tidak semua program aplikasi ini berbayar, faktanya ada juga sebagian aplikasi yang ditawarkan secara gratis, sehingga memungkinkan Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan aplikasi tersebut. Namun kembali lagi hal ini berhubungan juga dengan fitur serta layanan yang ditawarkan, bagaimanapun juga semakin banyak dan bermanfaat maka pasti akan dikenai dengan biaya berlangganan atau istilahnya adalah paketan.

3. Cek fitur apa saja yang ada dalam aplikasi tersebut, selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan apa saja fitur-fitur yang terdapat didalam aplikasi ini, karena memang satu aplikasi untuk pencatatan atau laporan keuangan sebenarnya tidak hanya punya satu fitur, melainkan ada banyak fitur tambahan yang dapat menunjang kemudahan pemakaian Anda.

4. Utamakan yang mudah dioperasikan, percuma menggunakan aplikasi mahal dengan banyak fitur, namun dalam hal pengoperasiannya susah karena kurang informatif. Apalagi jika seandainya program aplikasi tersebut mudah mengalami down atau bermasalah, tentu Anda sendiri yang akan rugi sudah download aplikasi laporan keuangan UMKM tersebut bukan.

5. Aplikasi yang kompatibel digunakan untuk beragam perangkat, selanjutnya cari juga sebuah aplikasi yang tidak hanya support dipakai dengan perangkat PC saja, melainkan lebih baik juga jika bisa dipakai untuk smartphone, karena dengan terhubung lewat perangkat smartphone artinya bisa diakses dari mana saja serta kapan saja, tingkat mobilitas dari aplikasi tersebut tinggi.

6. Memiliki layanan dukungan teknis, hal yang wajar jika seandainya sebuah program aplikasi mengalami masalah atau error, sehingga tidak dapat digunakan untuk menunjang transaksi Anda tersebut. Namun juga jangan khawatir karena jika ada layanan dukungan teknis, maka kendala bisa segera ditangani secara tepat.

Kenalan Dengan Labamu 

Jika Anda menginginkan sebuah program aplikasi yang memenuhi berbagai kriteria di atas, maka pertimbangkan untuk menggunakan Labamu, pastinya tidak asing lagi dengan nama yang satu ini bukan. Bagi yang belum tahu sebenarnya Labamu ini adalah sebuah program aplikasi yang nantinya akan membantu para pelaku usaha UMKM untuk mengelola transaksi dalam bisnis tersebut.

Lewat satu program aplikasi yaitu Labamu ini, maka nantinya Anda akan mendapatkan banyak fitur yang dapat digunakan dalam bisnis, seperti diantaranya adalah fitur pos kasir, kemudian juga sudah hadir fitur tagihan atau yang dikenal sebagai invoice, fitur untuk produk, laporan keuangan serta buku utang juga sudah tersedia didalamnya. Semuanya dapat Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis.

Lalu dimana bisa mendapatkan aplikasi laporan keuangan UMKM dari Labamu ini? jangan khawatir karena keberadaan aplikasi tersebut mudah bisa Anda dapatkan melalui Appstore untuk para pengguna iOS, sedangkan untuk Anda yang menggunakan perangkat yang berbasis Android bisa download melalui Playstore.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Jangan Asal Pilih Aplikasi Laporan Keuangan UMKM, Tidak Semuanya Aman!"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News